Basiyo


Basiyo adalah pelawak dari Yogyakarta di era tahun 1970-80an, tidak diketahui persis tanggal lahirnya, namun diketahui ia  meninggal dalam usia 70-an yakni pada tahun 1984. Jadi, kira-kira, beliau kelahiran sekitar tahun 1910-. Salah satu ciri khas yang selalu menempel dalam setiap lawakanya adalah pembawaanya yang selalu menampakkan sifat sederhana yang menggambarkan rakyat jelata. Lawakan Basiyo menjadi terkenal di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, melalui siaran radio, televisi (TVRI), dan berbagai rekaman. Lawakannya sering disebut sebagai Dagelan Mataram, sesuai dengan nama acaranya di RRI Yogyakarta.

Group lawak yang ia kelola terdiri dari beberapa anggota seperti :  Sudarsono, Hardjo Gepeng, Suparmi, Pujiyem, Ngabdul, Atmo Kemin, istrinya sendiri (Bu Basiyo), serta teman – temannya yang lain. Kebanyakan, mereka adalah karyawan RRI Nusantara II Yogyakarta, sebagaimana kebanyakan dari mereka ditampung oleh pemerintah waktu itu.

Di antara karya – karya Basiyo misalnya: mBecak, Degan Wasiat, Kapusan, Kibir Kejungkir, Maling Kontrang-kantring, Gathutkaca Gandrung, Besanan, dan masih beberapa lagi lainnya, semuanya mencapai lebih dari 100-an judul. Ia bukan hanya pelawak, melainkan juga berhasil mempopulerkan jenis gending “Pangkur Jenggleng”, yakni, cara menyanyi (nembang) Jawa yang bisa diselingi dengan lawakan, tanpa kehilangan irama  dari tembang yang sedang dibawakan. Ciri khas lawakan Basiyo adalah improvisasinya yang sepontan, tanpa banyak di atur  skenario. Sehingga meskipun hanya mendengarkan lawakan lewat radio, namun seakan-akan pendengarnya bisa membayangkan gambaran situasi tertentu yang terjadi pada setiap adegan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: