Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan pantai yang  paling banyak dikunjungi wisatawan khususnya di Kabupaten Bantul.  Di Parangtritis anda juga bisa menikmati beberapa obyek wisata yang berdekatan yang merupakan nilai tambah terhadap daya tarik para pelancong. Setelah anda berlama-lama di Parangtritis dengan gelombang airnya yang kecil, pantainya landai, dikelilingi pemandangan alam yang indah dan sejuk, anda dapat melanjutkan ke beberapa tempat sekitarnya, seperti:

Gua Langse

Terletak kurang lebih 4 Km di sebelah timur Pantai Parangtritis, untuk menuju kesana sekarang anda jasa tukang ojek dengan tarif Rp 7000 anda sudah sampai di pinntu penjagaan. Tapi anda belum sampai di lokasi gua karena masih harus berjalan kurang lebih 800m dengan medan yang cukup berat, karena harus melalui tepian tebing yang dalam. Kalau tidak hati-hati bisa terjatuh langsung ke jurang atau ke laut.

Parangwedang

Konon air di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya penyakit kulit karena air dari pemandian tersebut mengandung belerang. Air panas dari Parangwedang juga dialirkan ke Pantai Parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak.

Parangkusumo

Di pantai tersebut terdapat Cepuri yang konon merupakan tempat pertemuan antara raja Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Pada hari-hari tertentu (biasa bulan Sura) di sini dilakukan persembahan sesajian (labuhan) bagi Ratu Laut Selatan atau dalam bahasa Jawa disebut Nyi Roro Kidul.

Folklor

Penduduk setempat percaya bahwa seseorang dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda jika berada di pantai ini. Pantai Parangtritis dan Parangkusumo menjadi tempat kunjungan utama wisatawan terutama pada malam tahun baru Jawa (1 Muharram/Suro).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: