Indahnya Tanaman Cengkeh


Tanaman Cengkeh, Syzygium aromaticum(Linn.) merr. merupakan tanaman perdu yang rimbun, batangnya kokoh, ketinggiannya bisa mencapai 20 sampai 30 meter. Pada ranting-rantingnya penuh dengan daun-daun yang hijau,berbentuk bulat telur memanjang dengan bagian ujung dan panggkalnya menyudut, rata-rata mempunyai ukuran lebar berkisar 2-3 cm dan panjang daun tanpa tangkai berkisar 7,5 -12,5 cm. Cabang-cabang dari tumbuhan cengkeh tersebut pada umumnya panjang dan dipenuhi oleh ranting-ranting kecil yang mudah patah . Mahkota atau juga lazim disebut tajuk pohon cengkeh berbentuk kerucut . Bunga dan buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendekserta bertandan. Pada saat masih muda bunga cengkeh berwarna keungu-unguan , kemudian berubah menjadi kuning kehijau-hijauan dan berubah lagi menjadi merah muda apabila sudah tua. Sedang bunga cengkeh keringakan berwarna coklat kehitaman dan berasa pedas sebab mengandung minyak atsiri. Umumnya cengkeh pertama kali berbuah pada umur 4-7 tahun. Tumbuhan cengkeh akan tumbuh dengan baik apabila cukup air dan mendapat sinar matahari langsung.Cengkeh cocok ditanam baik di daerah daratan rendah dekat pantai maupun di pegunungan pada ketinggian 600 – 1100 m di atas permukaan laut.dan di tanah yang berdrainase baik. Jika anda pernah blusukan di daerah Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo,Kulonprogo, Yogyakarta, maka akan banyak dijumpai tanaman cengkeh ini. Tanaman ini akan mulai berbuah pada usia 4-7 tahun dan bisa berumur sampai puluhan tahun. Sehingga sangat menguntungkan bagi investasi perkebunan. Apalagi bila harga jual cengkeh belakangan ini semakin baik, dibanding ketika masih dikendalikan oleh BPPC. Harga cengkeh terakhir di Rp 145.000/kg per tanggal 25 Januari 2012.

Tanaman cengkaeh dapat ditanam dikebun dengan jarak 8m x 8m, karena panjang batang ranting bisa mencapai 3m lebih.Ilustrasinya, bila kita punya tanah 1 hektar dapat kita tanami sekitar 120-125 batang pohon., diasumasikan ada tanaman cengkeh produktif 60 batang (50% dari total tanaman/hektar) dan produktivitasnya mencapai 50 kg/batang, maka paling tidak dalam setahun bisa menghasilan 3.000 kg atau 3 ton cengkeh basah di tiap hektarnya. Dengan harga cengkeh rata-rata Rp 15.000, maka kita bisa mendapat hasil Rp 45.000.000,- dari panen cengkeh ini. Cukup fantastis.

Ilustrasi gambar dari:http://andybangun.blogspot.com

2 Tanggapan

  1. saya dari flores ingin bertanya berapa kira2 hasil tahun pertama yg akan kita panen per pohon?

    • Terima kasih atas kunjunganya. Untuk hitungan hasil panen memerlukan analisa lebih jauh, menyangkut biaya investasi, harga pasar hasil panen dan usia produktif. Lain kali mungkin bisa kami sajikan dalam artikel yang lain..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: