Tamantirto Goweser


Bermula dari hobby bersepeda di pagi hari, dijalan-jalan banyak teman senasib yang juga hobis, maka kita menjadi saling kenal dan akhirnya terbentuklah Klub Gowes Tamantirto Cycling Club. Komunitas ini merupakan wadah bagi para goweser yang senang melanglang bumi, baik melalui jalan mulus, mendatar, menanjak, jalan berlumpur, atau apapun bentuknya, sampai kalau terpaksa harus mikul sepedapun akan dijalani.

Saat ini komunitas ini telah terdaftar sekitar 40 orang anggota. Dengan berbagai jenis sepeda baik MTB, Balap, Fixie, maupun sepeda jawa.
Sejak berdirinya, kira-kira bulan Maret 2009, Klub ini secara rutin telah menyusuri beberapa lokasi seperti; Gua Cerme, Makam imogiri, Waduk Sermo, tempat wisata sepanjang pantai selatan, Gn. Merapi, Muntilan, Mbligo, Borobudur, dll.

Bersepeda disamping menyehatkan badan, juga mengurangi polusi udara dan mengurangi kemacetan. Untuk itu perlu dibangun kesadaran masyarakat, agar tertanam kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kelestarian alam.
Namun begitu kegiatan ini juga memerlukan dukungan dari pemerintah berupa penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, seperti tempat parkir sepeda, jalur khusus sepedadan lain-lain. Kami Juga berharap agar warga Jogjakarta menggunakan sepeda baik untuk pergi maupun pulang dari bekerja. Begitu pula kepada para pelajar dan mahasiswa. Bike to work atau bike to school merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi atau menghindari kemacetan lalu lintas.

Di luar negeri seperti di Belanda. Belgia dan Francis, orang naik sepeda dengan pakaian jas dan dasi, sudah menjadi pemandangan yang biasa. Padahal di negara-negara itu tidak ada istilah jalanan macet seperti di Jakarta. Alasan mereka naik sepeda lebih pada masalah kesehatan dan biaya parkir yang mahal.

Di Francis, orang tidak beli mobil Jika rumah mereka tidak memiliki garasi. Parkir di pinggirJakm meski di depan rumah sendiri, dikenakan retribusi yang sangat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: