Pasar tradisional VS pasar modern


Sekarang banyak bermunculan mini market hampir di setiap pusat keramaian, bahkan sampai ke pelosok desa.
Munculnya waralaba minimarket ini sudah sedemikian pesat, sampai-sampai mengkhawatirkan para pedagang kelontong di kampung-kampung.
Omset penjualan para pedagang kelontong menjadi menurun drastis. Padahal tokonya dulu merupakan andalan utama penopang ekonomi rumah tangganya. Seperti yang dialami sendiri oleh tetangga dekat saya yang dulu tokonya selalu ramai. Dalam sehari omsetnya bisa mencapai 2 juta rupiah, dengan tingkat keuntungan rata-rata 10%, berarti mereka mendapat penghasilan sekitar 200 ribu rupiah. Saat ini omsetnya jauh menurun hingga dibawah 1 juta rupiah.
Hal demikian juga dikeluhkan oleh para pedagang pasar di beberapa kecamatan. Mereka membandingkan kondisi dulu sebelum banyak mini market dengan kondisi sekarang. Meskipun sama-sama di pusat keramaian, konsumen lebih memilih belanja di pasar swalayan dari pada di pasar tradisional.
Padahal dipasar tradisional juga ada kelebihannya lho!
Pasar Tradisional merupakan pasar yang memiliki keunggulan bersaing alamiah yang tidak dimiliki secara langsung oleh pasar modern. Lokasi yang strategis, area penjualan yang luas, keragaman barang yang lengkap, harga yang rendah, sistem tawar menawar yang menunjukkan keakraban antara penjual dan pembeli merupakan keunggulan yang dimiliki oleh pasar tradisional. Komoditas yang diperdagangkanpun juga bersifat natural, seperti hasil bumi, perikanan dan hasil kerajinan rakyat yang kesemuanya masih bernilai standar.
Selain keunggulan yang tadi, pasar tradisional juga merupakan salah satu pendongkrak perekonomian kalangan menengah ke bawah, dan itu jelas memberikan efek yang baik Negara. Dimana Negara ini memang hidup dari perekonomian skala mikro dibanding skala makro.
Sisi kekeluargaan antara pembeli dan penjual menjadi satu pemandangan yang indah kala berada di pasar dan bahkan ada juga yang namanya langganan dan itu bisa menjadi hubungan yang tidak bisa terpisahkan bagaikan persaudaraan yang sudah sangat dekat sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: