Rumput halaman


Rumput halaman rumah akan memperindah halaman dan menambah kesan subur dan asri, disamping itu ada beberapa fungsi lain, seperti :
1. untuk Menambah kesan luas, dengan adanya rumput maka halaman terkesan lebih luas pandanganya.
2. Mengurangi penguapan air tanah. Tanah yang tertutup rumput tidak cepat kering oleh sinar matahari.
3. Mengurangi erosi/pengikisan oleh air hujan.

Jenis rumput
Dalam sehari-hari, anda mungkin telah melihat keragaman jenis rumput, mulai dari rumput halaman rumah, rumput tepian tol Jagorawi, rumput lapangan sepakbola sampai rumput di fairway dan green. Keragaman ini mungkin pula telah anda saksikan dalam kunjungan anda ke berbagai lapangan golf di beberapa Negara. Lalu timbul pertanyaan: jenis rumput apa yang anda lihat itu? Mengapa rumput lapangan golf di Indonesia beda dengan yang ada di Jepang atau Kanada? Apa dasarnya atau kriterianya mereka memilih rumput tertentu untuk lokasi tertentu?

Jenis Jenis Rumput
Semua jenis rumput termasuk dalam famili tumbuhan yang disebut GRAMINAE. Dalam famili ini terdapat 600 genus yang terdiri dari ± 7500 spesies atau jenis. Kalau kita mencoba mengingat-ingat jenis rumput apa saja yang pernah kita kenal/lihat barangkali dapat dipastikan bahwa pengetahuan kita tentang rumput ini masih sangat terbatas. Apalagi tiap jenis /spesies ternyata mempunyai varietas-varietas yang cukup beragam.

Secara umum berdasarkan daerah sebaran dan daya adaptasinya terhadap suhu lingkungan, ada dua kelompok besar yaitu rumput daerah panas, dan rumput daerah dingin. Rumput daerah panas tumbuh paling baik di daerah yang suhunya antara 27° sampai 35° C, sedangkan rumput daerah dingin lebih baik pertumbuhannya pada suhu antara 15° C sampai 24° C.
Rumput daerah panas yang popular antara lain bermuda grass (Cynodon L.C. Rich), Zoysiagrass (Zoysia Willd) dan carpetgrass (Axonopus Beauv).

Bermuda grass meliputi 10 spesies, ada yang biasa (Cynodon dactylon), ada pula yang hibrida (Cynodon magennisii). Varietasnya sangat banyak dan beragam. misalnya varietas Tifgreen dan Tifdwarf sangat bagus untuk green, sedangkan Tifway cocok untuk fairway. Ketiga contoh varietas tersebut adalah hasil perkawinan antara C. dactylon dan C. Transvaalensis.
Zoysia grass memiliki lima spesies, tiga diantaranya banyak digunakan untuk lansekap, termasuk lapangan golf. Yang terkenal adalah rumput jepang (Zoysia japonica) dan rumput manila (Zoysia matrella).

Spesies-spesies zoysia dibedakan terutama berdasarkan kecepatan pertumbuhan, tekstur dan toleransinya terhadap suhu rendah. Rumput jepang bertekstur sedang, tumbuh lambat, dan toleran terhadap suhu rendah. Varietasnya yang paling banyak ditanam adalah Meyer. Varietas Emerald yang merupakan hasil perkawinan antara Z japonica dengan Z. Tenuifolia sangat rapat, berwarna hijau tua dan membentuk hamparan yang indah.
Carpetgrass meliputi sekitar 70 spesies, namun hanya dua yang banyak digunakan yaitu Axonopus compressus dan Axonopus affinis. Rumput ini bertekstur kasar, tumbuh rendah, berwarna hijau muda, dan beradaptasi dengan iklim tropis.

Rumput daerah dingin yang populer diantaranya adalah Fescue (Festuca L), bluegrass (Poa L.) dan Bentgrass (Agrotis L). dari sekitar 100 spesies dalam genus Festuca ada enam spesies yang digunakan untuk lapangan golf di Negara-negara beriklim dingin.
Bluegrass yang nama ilmiahnya Poa meliputi lebih dari 200 spesies. Yang paling banyak ditanam adalah Kentucky bluegrass (Poa pratensis) dan Canada Bluegrass (Poa compressus).

Ciri utama bluegrass ini adalah ujung daunnya yang berbentuk seperti perahu dan adanya garis terang yang sejajar pada kedua sisi pembuluh pusat helai daun. Dalam spesies ini terdapat banyak varietas, misalnya Brunswick, A-34 dan Baron, yang berbeda warna, tekstur, kerapatan, toleransi terhadap pemangkasan pendek, ketahanan terhadap hama penyakit, dan parameter lainnya. Didaerah beriklim sedang/dingin atau di dataran tinggi tropis, rumput ini banyak ditanam untuk lapangan atletik, taman dan lapangan golf (kecuali green).
Bentgrass meliputi ± 125 spesies yang tersebar di Negara-negara beriklim sedang dan dataran tinggi Negara tropis. Yang paling banyak digunakan untuk lapangan golf adalah creeping bentgrass (Agrostis palustris, A. stolonifera). Spesies ini bertekstur halus. Varietas yang popular di AS adalah Washington (C-50), Toronto (C-15) dan Seaside. Varietas yang diperbanyak secara vegetatif cenderung lebih seragam penampilannya.

Kriteria Pemilihan
Setelah membaca uraian singkat dan beberapa contoh jenis rumput yang populer, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita memilih rumput yang terbaik atau cocok dengan lokasi dan keperluan kita?

Pemilihan rumput untuk lansekap termasuk untuk lapangan golf, didasarkan pada berbagai pertimbangan. Ketahanan dan kualitas hamparan yang diinginkan dan kecepatan pertumbuhan/penutupan tanah merupakan kriteria utama. Pertumbuhan dan penutupan yang cepat diinginkan untuk stabilisasi tanah, mengurangi perawatan sesudah tanam dan penggunaan tapak secara keseluruhan

Tingkat kepentingan kriteria ditentukan juga oleh peruntukannya. Misalnya kriteria mana yang utama untuk green berbeda dengan yang untuk tee maupun fairway. Jenis rumput untuk green haruslah
a. Rendah, tumbuh menjalar, dan berdaun tegak.
b. Toleran terhadap pemangkasan pendek (sampai 0.5 cm),
c. Tajuknya sangat rapat
d. Daunnya bertekstur halus
e. Keseragaman tinggi
f. Bebas dari biji dan thatch yang berlebihan dan,
g. Mempunyai daya pemulihan yang cepat
Sifat-sifat lain yang juga diinginkan adalah ketahanan terhadap hama dan penyakit, toleran terhadap deraan lingkungan dan lalulintas. Warna hijau tua tidak mempengaruhi kualitas putting tetapi dapat meningkatkan nilai estetikanya.
Sifat penting yang harus diperhatikan untuk daerah tee antara lain

* Cepat pulih
* Adaptif untuk pemangkasan 0.8-2.0 cm
* Rapat dan kuat, serta
* Toleran terhadap pemadatan tanah.

Sifat yang diinginkan untuk daerah fairway tidak banyak beda dengan untuk green. Perbedaannya terutama dalam tingkat keseragaman, kehalusan dan ketegaran.
Dalam table berikut saya berikan beberapa contoh kriteria pemilihan rumput. Dalam table yang sama, pada kolom sebelah kanan terdapat susunan peringkat tiga contoh jenis rumput daerah panas yang popular, yaitu Bermuda grass (B), Carpetgrass (C), dan Zoysiagrass (Z).

2 Tanggapan

  1. My coder is trying to convince me to move to .
    net from PHP. I have always disliked the idea because of the costs.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on several websites
    for about a year and am anxious about switching to another platform.
    I have heard very good things about blogengine.
    net. Is there a way I can import all my wordpress content into it?

    Any help would be really appreciated!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: